jam

Selasa, 23 Maret 2010

HTC Luncurkan Ponsel WiMAX

HTC Luncurkan Ponsel WiMAX

TEMPO Interaktif, Jakarta - Ini kabar gembira bagi yang menunggu-nunggu teknologi WiMAX. Produsen ponsel Taiwan HTC telah meluncurkan ponsel khusus WiMAX. Di Amerika Serikat, ponsel WiMAX HTC ini akan bekerja samma dengan operator Sprint.

Ponsel HTC EVO 4G untuk jaringan WiMAX ini disebut-sebut lebih hebat ketimbang Nexus One yang dikeluarkan Google dan HTC. WiMAX adalah teknologi canggih yang biasa disebut 4G. WiMAX ini jaringan nirkabel seperti WiFi tapi jangkauannya luas, bisa sampai 30 sampai 50 kilometer setiap satu menara pemancar. Dengan teknologi ini membuat jaringan selular bisa lebih efisien.

Ponsel HTC EVO 4G berlayar 4,3 inchi. Layarnya enak untuk dinikmati tapi bisa membuat baterai boros. Ponsel ini memakai otak Snapdragon. Ponsel ini memiliki kapasitas simpan 1 Gigabita, memori internal 512 Megabita, dilengkapi Wi-Fi dan bisa merekam video 720 piksel. Kamera ponsel ini sudah 8 megapiksel dan memungkinkan untuk melakukan videokonferensi. Sistem yang dipakai adalah Android 2,1.

Di dunia selular, saat ini ada persaingan hebat pada teknologi 4G. WiMAX versus LTE atau Long Term Evolution. WiMAX dipelopori perusahaan-perushaan komputer dan jaringan seperti Intel dan Cisco dan sejumlah vendor ponsel seperti Samsung, HTC, LG. Adapun, LTE disponsori oleh konsorsium GSM seperti Nokia, Sony Ericsson.

Operator lawan Sprint, yakni AT&T dan Verizon memilih memasarkan teknologi LTE. Sprint, misalnya, berjanji akan meluncurkan teknologi ini kemungkinan pertengahan 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 crazyboy | Design : Noyod.Com