jam

Selasa, 23 Maret 2010

Apple Hantui Pasar Game Portabel Sony

Pangsa pasar aplikasi game portabel yang biasanya dikuasai oleh Sony kini telah diambil alih oleh Apple. Kenaikan yang dialami Apple tak lain karena kian banyaknya pengguna game dari piranti iPhone dan iPod Touch.

detikINET kutip dari Cnet, Rabu (24/3/2010), Apple di tahun 2009 berhasil meraih 19% dari 'kue' penjualan software game portable di Amerika. Angka ini naik 5% dari tahun sebelumnya.

Sedangkan Sony kebalikannya. Piranti PlayStation Portable milik Sony mengalami penurunan market share. Dari yang tadinya 20% di tahun 2008, turun drastis menjadi 11% di tahun berikutnya.

Meski demikian, keduanya masih belum mampu menandingi kedigdayaan Nintendo. Meski pasar game Nintendo DS turun dari 75% ke 70% di tahun ini, namun baik Sony maupun Apple masih jauh untuk bisa mendekatinya.

Dalam posisi ini, yang bisa dibilang tertekan justru adalah Sony. Sebab, pasarnya berpotensi akan semakin dikalahkan oleh Apple mengingat perusahaan milik Steve Jobs tersebut merilis iPad yang juga bisa mendukung penerbit game dari pihak ketiga.

"Dengan layar yang lebih besar dan kekuatan prosesor yang lebih mumpuni, game di tablet semakin menghantui PC dan game konsol," ujar analis dari Flurry Analistic yang juga menerbitkan laporan soal peta pasar game di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 crazyboy | Design : Noyod.Com